Rabu, 08 Juni 2011

Garam Untuk Kecantikan

Sudah ribuan tahun lamanya garam dikenal sebagai salah satu zat yang berguna untuk kecantikan. Dengan harga yang murah, banyak keuntungan dapat diperoleh bagi kulit maupun rambut, selain tentu saja untuk seribu satu macam keperluan lainnya.

Garam adalah obat gigi pemberian alam. Satu sendok the garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat mampu menjadi gusi lebih kuat dan membantu memutihkan gigi. Untuk menghilangkan sakit kerongkongan, berkumurlah dengan air garam.

Mata yang lelah dapat dimandikan dengan larutan seperempat sendok teh garam dan setengah liter air hangat. Untuk menghilangkan gembung sekitar mata, celupkan kapas dalam seliter air panas yangdibubuhi sesendok air garam. Letak kapas pada mata, berbaringlah dan relaks

Untuk merangsang kulit kepala dan menghindari ketombe, buatlah adonan satu cangkir garam dicampur5 sendok teh air. Gosokkan adonan tadi pada kulit kepala, biarkan 5 menit sebelum rambut dikeramas.
Kulit yang kecoklatan kena sinar matahari memang menarik. Tetapi kalau sudah beberapa lama akan menjadi tidak rata cokelatannya karena bagian- bagian tertentu mulai “melentur” untuk membersihkannya campurkan garama dengan minyak zaitun masing- masing dalam porsi yang sama. Dengan lembut oleskan pada wajah dan lakukan massege (pijatan) dengan gerakan vertical ke atas.  Dengan air sabun yang lembut dan bilas bersih- bersih dengan air.

Untuk menghilangkan lelah, ketegangan dan meransang peredaran darah, berendamlah dalam air hanggat yang telah diberikan campuran berikut ini: Mula- mula sebarkan garam di sebuah panci timah yang datar. Basahi sedikit dengan campuran alcohol, cologne dan beberapa sendok teh sari buah. Biarkan beberapa saat, sambil berkali- kali diaduk, sampai alcohol dan parfumnya menguap. Simpanlah campuran ini dalam tempat yang tertutup, untuk kemudian dilarutkan dalam air mandi yang hangat.

Rendam kaki yang sakit dan kecapaian dalam air hangat yang telah dibubuhi garam segenggam. Urut dan pijat- pijat dengan garam agar kulit yang kering dapat terangkat. Bilas dengan air dingin dan keringkan. Setelah itu ditaburi dengan bedak talk atau bedak khusus untuk kaki.

Untuk badan yang memar dan keseleo, cobalah kompres dengan campuran 2 sendok teh  garam dalam 1 cangkir air hangat yang telah diberi cuka.

Untuk menghilangkan bisul yang tidak kelihatan, larutkan 1 sendok the garam Epson (garam yang mengandung magnesium sulfat) dengan 1 sendok makan garam biasa dalam secangkir air mendidih. Pakailah ini sebagai kompresan panas.

Kalau Anda mempunyai noda yang tidak menyenangkan, cobalah memanaskan garam dapur yang kasar dalam kuali. Kalau sudah panas, dengan hati- hati tuangkan garam kering tadi ke dalam kaus kaki yang bersih. Letakkan pada bagian noda, biarkan sampai garam menjadi dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA PRAKTIS MEMBUAT BLOG