Sabtu, 08 Maret 2014

BERANILAH MEWUJUDKAN MIMPI ANDA

(disadurkan oleh : McCall)
WUJUDKANLAH MIMPI ANDA, KEMBANGKANLAH BAKAT YANG SELAMA INI BELUM ANDA KEMBANGKAN BERIKANLAH ARTI KEPADA HIDUP YANG ANDA CINTA INI

Kenyataan membayar rekening dan  membina keluarga dapat membutakan mata orang. Tetapi apa yang akan terjadi  jika anda dapat mewujudkan mimpi yang anda buang di empat sampah, yang merupakan baat yang tidak pernah dikembangkan dan memberikan kepada diri anda suatu kehidupan yang anda cintai, daripada sekedar suatu kehidupan yang sudah berjalan selama ini?
Barbara  Ser, seorang ahli psikoterap dan konsultan karir dari New York Cty telah menolong ribuan orang untuk melakukan hal seperti itu.  Minat Sher tertuju kepada apa yang disebutnya Perubahan Kehidupan” yang dimulainya ketika, sebagai seorang ahli terapi, ia menyadari bahwa banyak kliennya tidak membutuhkan terapi yang lama. Yang mereka butuhkan adalah suatu tujuan, arah dan hasrat akan kehidupan suatu yang akan membuat mereka bahagia pada waktu mereka bangun tidur d pagi hari.

Masalahnya, adalah bahwa kebanyakan orang telah membuang jauh- jauh mimpi mereka, atau merasa bahwa mimpi mereka merupakan hal yang mustahil; Sher dapat memahami hal ini, teapi ia tidak dapat menerimanya. Lebih dari itu, ia sendiri telah bekerja dan sebagai seorang janda cerai kebahagiaan dengan sebuah ijazah B.A yang tidak laku d bidng antropologi. Ia bermimp menjadi seorang professional yang sukses dengan melakukan pekerjaanyang ia sukai dana memasukkanya kedua anaknya  disekolah swasta.
Ia mempunyai sebuah firasat yang susah untuk dihilangkan bahwa hamper semua mimpi dapat diwujudkan dengan sedikit kecerdikan dan sedikit keberanian serta dukungan emosional.
“Untuk mengubah hidup anda, untuk berani melakukan apa yang anda sukai, sungguh suatu hal yang menakutkan dan mendebarkan.” Kaa Sher
“Itulah salah satu alas an mengapa anda tidak dapat melakukannya seorang diri. Yang lainnya tidak anda ketahui.”
Dengan demikian   Sher merancang suatu system yang menolong orang memilih suatu tujuan yang meeka sukai, menggariskan arah yang harus ditempuh untuk sampai tujuan itu dan  menggorek sumber- sumber daya besar yang dimiliki tetapi  belum digunakan, yaitu ide, hubungan dengan orang lain, keterampilan, dan dukungan teman serta keluarga. Ia menyebut sistemnya “wishcraft” yang adalah judul buku yang kami tulis bersama. Dengan menggunakan prinsip system tersebut, seorang nenek dengan keinginan besar akan dunia pertunjukan membuat program radionya sendiri. Seorang eksekutif bisnis yang memimpikan suatu kehidupan yang dekat dengan alam kini telah mengelola pelestarian margasatwa.
Dalam hal ini tidak diperlukan mukjizat. Semua sumber daya yang anda butuhkan sudah ada dalam diri anda dan di sekitar anda. Di bawah ini diberikan petunjuk bagaimana memulainya”
1.      Tetapkan apa yang anda sukai
”Paling kurang ada dari satu hal yang di dunia ini dan kemungkinan besar lebih dari satu yang membuat jantung anda berdetak lebih cepat.”kata Sher. Mungkin itu berupa karir yang ingin anda pilih atau kuliah yang paling anda sukai. Sesuatu yang membuat anda lupa kapan hal itu dapat menjadi kunci bagi perubahan kehidupan anda.
Jika anda sama dengan yang kebanyakan orang, hl- hal yang anda sukai ternyata malah mendpat tempat sampingan dalam hidup anda. Anda menyukai kuda, maka anda menggambarnya pada dinding kamar anda, dan barangkali anda menungganginya hanya sekali setahun pada liburan anda. Hal- hal yang anda sukai terasa seperti kemewahan, tetapi sungguh dibutuhkan, karena member semangat kepada anda. Hal- hal yang anda sukai merupakan sumber energy dan kegembiraan hidup anda, dan semuanya itu.terkait dengan sesuatu yang sangat sentral dalam diri anda, yaitu bentuk bakat dan dorongan unik yang tersembunyi dalam diri anda seperti sebuah benih.
2.      KATAKAN KEPADA SESEORANG.

“Temukan kesegaran bagi keinginan anda,”kata Sher. Pilihlah seseorang yang menaruh perhatian kepada anda, seseorang yang dapat dipercaya untuk menerima anda secara serius, seorang teman yang baik atau pacar anda dan berbicaralah dengannya. Mata orng lain membuat keinginan dan menjadi kenyataan dan membuat dirimu dapat diperhitungkan orang lain di luar diri anda. Dalam hal ini anda akan merasa tidak enak karena membiarkan seorang teman atau pacar anda kecewa dibandingkan dengan yang anda rasakan bila anda sendirilah yang kecewa.

3.      I L H A M.
Jika anda mengatakan kepada teman anda,”saya sungguh menyukai sejarah, dan saya ingin menemukan cara untuk mewujudkannya dalam dalam hidupku,”orang itu mungkin akan mengatakan,”Mari kita lihat berbagai kemungkinan. Anda dapat bergabung dengan kelompok sejarawan kota dan mengadakan penelitian ke gedung- gedung besar. Atau memulai pecan Renaisans. Atau bagaimana kalau anda membuat rekaman sejarah dari mulut beberapa orang disekitar sini?”
Suatu rangkaian ide yang bebas dapat dilakukan sendirian,  yaitu dengan menulis semua ide yang muncul dalam benak anda, betapa pun gilanya ide itu. Tetapi akan lebih baik jika anda dan teman anda, atau sebuah kelompok teman, melakukan lebih nya secara bersama- sama “Kita mempunyai ide yang lebih bagi orang lain daripada yang kita miliki untuk diri kita sendiri,” kata Sher.
4.      Keterlibatan
Libatkan diri anda dalam apa yang anda sukai sekarang juga, tanpa harus menunggu keterampilan yang lebih lagi, dengan menggunakan kepercayaan atau uang yang sudah anda miliki. Kesalahan yang banyak kita lakukan adalah anggapan bahwa cara tradisional untuk melakukan sesuatu merupakan jalan satu- satunya. “Saya tidak dapat bekerja dalam konservasi margasatwa tanpa adanya ijazah tertentu di bidang biologi,” demikianlah yang mungkin anda katakana.
Akan tetapi, ada jalan yang idak mahal dan mendasar untuk terjun ke dalam hamper semua bidang apa pun yang anda sukai, bergabunglah dengan Perlindungan Alam dan Kelompok Pencinta Unggas. Terlibatlah dalam kegiatan local mereka dan sumbangkanlah bantuan anda secara sukarela.
Jika filemlah yang anda sukai, pinjamlah sebuah kamera Super-8 tua (teman anda dapat menolong member sebuah kamera seperi itu) dan belajarlah menggunakannya. Suruhlah anakmu menulis sebuah naskah dan arahkanlah mereka dalam kegiatan tadi. Dan adakanlah petunjukan film yang indah di sekolah minggu mereka.
Tertarik dengan politik? Terlibatlah dalam kampanye calon favoritmu. Namun jangan cemas tentang ke mana arahnya. Buatlah sekedar untuk terlibat di dalamnya.
 Anda hamper selalu dapat menukar ketrampilan, meminjam alat atau membelinya dari tangan kedua, mengikuti kursus biaya murah di sebuah perguruan tinggi, kumpulkanlah uang sebanyak mungkin, dan sumbangkanlah apa yang anda miliki hampir ke dalam dunia manapun yang anda sukai.
Cobalah menciptakan situasi yang melibatkan diri anda dan orang lain. Ambillah kursus tulis- menulis atau fotografi daripada berusaha menulis atau membuat foto sendrian. “Kesendirian adalah pembunuh mimpi terbesar,” kata Sher.
5.      Perjelaslah Tujuan anda
Jurang antara berbuat sesuatu secara iseng dan melakukan sesuatu sebagai profesi purna waktu mungkin tampak sunggu lebar. Tetapi, sesungguhnya permulaan perubahan hidup anda merupakan langkah yang paling penting karena sekali anda menghindari tidakan itu, anda akan merasa gemetar seakan anda sudah sampai pada puncak. Anda akan menemukan bahwa kegembiraan terletak dalam melakukan apa yang anda sukai, dan bukan terletak dalam hasil akhirnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA PRAKTIS MEMBUAT BLOG